Beranda > Tak Berkategori > Membuat File PDF

Membuat File PDF


Bagi yang sering melakukannya, hal ini merupakan hal yang biasa. Namun bagi yang jarang bermain-main dengan komputer hal ini terkesan sulit. Sulit? sebenarnya tidak juga, namun mungkin karena belum tahu. Lagi-lagi saya menulis hal yang sederhana, kemaren sempat ngobrol dengan seorang teman dan ketika mendownload salah satu file pdf ia nanya bagaimana cara membuatnya. Ok, biar yang belum pernah juga bisa mencoba, berikut saya tuliskan pengalaman saya tentang convert mengconvert file ke pdf.File yang biasanya saya konversi ke pdf adalah file .doc (dari word) atau .ppt (dari power point). Membuat file pdf adalah mengubah ekstensi .doc atau .ppt menjadi .pdf.
Beberapa alasan mengapa mengubah file menjadi berekstensi pdf antara lain: jika file diubah menjadi .pdf maka file ini akan memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari file .doc atau .ppt. Selain itu dengan mengubahnya ke file pdf maka file tersebut tidak akan bisa dirubah-rubah, kecuali kita konversi lagi ke doc trus baru dirubah dan dikonversi lagi ke pdf, atau di-copy lalu ditulis ulang. Selain itu ada banyak kegunaan jika kita ubah file menjadi pdf seperti untuk file ppt yang telah diubah ke pdf dengan satu halaman 4 slide ppt, maka akan memudahkan kita mencetak dokumen itu, tinggal cetak.
Lalu bagaimana caranya. Sebenarnya banyak sekali caranya, coba saja ketikkan word to pdf di google maka kita akan mendapatkan banyak alternatif software untuk konversi file ini. Kita bisa mendownload salah satu software tersebut dan ikuti petunjuknya maka kita bisa membuat file pdf dari file doc atau ppt yang kita punya. Namun software yang ada itu biasanya hanya trial 30 hari selebihnya beli.
Cara lain adalah, install software acrobat yang meliputi acrobat reader, acrobat distiller dan lain-lain. Kalau kita memiliki dan telah menginstall acrobat profesional 7 atau 8, disitu sudah lengkap satu paket. Software ini juga digunakan untuk membaca file pdf.
Lalu bagaimana jika kita sudah install ?. Oke untuk mengubah file doc ke pdf ikuti langkah berikut :
1. Buka file doc kita
2. Klik menu file –> print kemudian untuk printernya pilih Adobe PDF, pilih tempat penyimpanan, lalu klik OK maka kita dah mendapatkan file pdf.
3. Cari file pdf kita di folder tempat kita menyimpan.
Cara lain jika tidak memiliki acrobat profesional :
1. Jika anda bisa terhubung ke internet dan sudah memiliki browser seperti internet explorer atau mozilla atau yang lain, gunakan http://www.pdf24.org/en/home.html dengan mengupload file (tekan tombol browse dan pilih file yang akan dikonversi), lalu tuliskan alamat email anda, dan tekan tombol GO, maka anda akan menerima pdf anda melalui email. Jika memilih cara ini, anda tidak perlu menginstall apapun.
2. Jika anda menggunakan open office, tinggal klik tombol dengan simbol PDF.
3. Jika tidak ingin cara 1 dan 2, gunakan latex dan convert file anda dengan meng-compile file .tex

“Selamat Mencoba zgn”

Kategori:Tak Berkategori Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: