Beranda > SENI > Beberapa Media Persiapan. Dalam Menciptakan Karya Seni Musik dan Lagu.

Beberapa Media Persiapan. Dalam Menciptakan Karya Seni Musik dan Lagu.

Media..berupa alat musik,alat musik terdiri dari melodis dan non melodis,alat non melodis seperti..;drums.,,conga……pokoknya alat musik pukul…dan ini berfungsi sebagai ritmis, atau ritme, ( Pengiring }
sedangkan melodis , contohnya :

piano , gitar, biola,…..pokoknya nyang bisa menghasilkan   nada

Kemudian ada yang namanya tangga nada….tangga nada ada bermacam macam …misal tangga nada blues,zigana,mixolonian,pelog pentatonis,,dan lainnya.

Setelah yang dua diatas disiapkan…lanjut pada sebuah ide, maksudnya adalah sebuah melodi musik dimulai dari partikel terkecil dulu yang dinamakan dengan motif, motif ini cukup dua ketuk  ….contoh motif kite kasi tau neh….
pada lagu pop indonesia aja deh..biar gampang…yakni lagu kuburan yaitu lupa…
kalo syairnya pas nya gini”….lupa..lupalupa lupa ..lupalagi syairnya…” ini dalah conto rime berbentuk Melodi.

Pada kalimat lupa pertama not yang disebut motif …( mohon maaf nggak bisa buatin partiturnya abis keterbatasan media..)..pada bagian tersebut cuman terdiri dari 2 buah nada …..dan dua buah nada tersebut diulang ulang dalam bentuk berupa repetisi sehingga menjadi sebuah kalimat, yang namanya kalimat mesti ada jawabnya….
pada kalimat yang tertulis diatas ( lagu tersebut ) merupakan Kalimat tanya..dan Kalimat jawabnya pada liryc ..ingat…ingat . pada dasarnya melodinya sama, dan disebut dengan satu kalimat musik…pada lagu tersebut cuman terjadi pengulangan melodi berkai kali aja…..( sederhana bukan…) dan kalimat tersebut disebut dengan A, sedangkan B..nya adalah bagian reff….yang liriknya..cee.. a minor…dst..

Lirik  lagu tersebut terdiri dari A-B nyang diulang ulang….sederhana bukan…dan hanya se sederhana itu….!!! tapi menghasilkan sebuah hiburan yang lumayan enak….

Sebaiknya untuk membuat sebuah musik khususnya sebuah lagu pop, nggak usah dulu deh mikirin lyric nya…yang penting mesti dicari dulu melodi hingga menjadi sebuah lagu yang utuh…dan setelah terdapat melodi baru kita masukin liriknya…jadi kalo pengen jadi pencipta lagu…buat aja dulu melodi nyang banya…kalo dah ada lyric tinggal masukan saja..

Pencitaa Karya Seni

Kategori:SENI
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: