Edakka

Edakka adalah sebuah gelas berbentuk jam drum, secarahttps://i1.wp.com/www.webindia123.com/music/images/eddaka.jpg tradisional digunakan sebagai bagian dari Panchavadyam, sebuah bentuk seni musik instrumental Kerala, yang menyertai beberapa festival kuil dan gereja. Dimainkan dengan tongkat, drum ini dibuat dengan kayu dianggap sebagai instrumen yang sangat menguntungkan (dalam Malayalam – Devavadyam). Pooja Selama di candi Kerala, itu adalah kebiasaan untuk memutar Edakka sebagai iringan untuk menyanyi, dekat sanctorum tempat suci.

Edakka kinerja dengan Tripunithura Krishnadas

Mirip dengan ‘Damaru’ instrumen perkusi lain yang ditemukan di seluruh India, Edakka adalah iringan sangat diperlukan untuk bentuk tari Kerala seperti ‘Mohinayattam, Kathakali dan Krishnanattam. Dalam Kathakali, yang Edakka akan diputar bila karakter perempuan memegang panggung, ketika Chenda tidak dimainkan. Dalam ‘Koodiyattam’ juga Edakka memberikan dukungan baik kepada Mizhavu (pot drum).

Legenda di balik alat ini adalah bahwa Tuhan Siwa sendiri memberikan instrumen ini untuk Banasura, sebuah pemuja bersemangat Dewa Siwa. Oleh karena itu instrumen yang dianggap sakral.

Bagian-bagian yang berbeda dari Edakka adalah ‘Kutti’ (tubuh utama terbuat dari kayu), ‘Vattom’ – di kedua sisi terbuat dari kulit sapi lembut atau Ulluri, menggambarkan matahari dan bulan. ‘Tholkacha’ (Kacha) kain tersandang di bahu kiri dan string dari mana hang idakka dan ‘Jeevakol’ (ada 4 jeevakol di idakka, menggambarkan 4 Veda). Dari jeevakol hang 8 koduppukal di setiap sisi. 64 koduppukal dari jeevakol 4 menggambarkan 64 bentuk seni. Vattom memiliki 6 lubang kecil yang menggambarkan enam Shastra.

Kedua sisi idakka ditutupi dengan vattom. Pemain Edakka menunda yang idakka dari bahunya sehingga hang lebih atau kurang vertikal, secara bersamaan memukul drum dengan tongkat dipegang oleh tangan kanan. Tangan kiri yang digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan pita luka putaran tengah. Memvariasikan ketegangan pita menghasilkan perubahan pitch. Wikipedia melodi memperluas lebih dari satu oktaf dapat dimainkan di instrumen ini.

Kategori:Instrument Musik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: