Beranda > Sejarah Budaya > Wisata Sejarah di Bengkalis

Wisata Sejarah di Bengkalis

Wisata Sejarah di Bengkalis, Salah Satu Pintu Huis Van Behauring
Benteng Huis Van Behauring

Sejatinya Benteng Huis Van Behauring yang menjadi salah satu Wisata Sejarah di Bengkalis adalah sebuah pencajara Belanda, dibangun dengan dua lapis tembok. Tembok itu berbentuk gedung serupa. Pada bagian lapis luar gedung dijadikan semacam kantor bagi sipir, sementara bagian dalamnya khusus untuk tahanan. Benteng wisata sejarah Bengkalis ini berbentuk liter U.

Sayangnya Huis Van Behauring kurang terawat untuk dijadikan objek wisata. Gedung kokoh tersebut terbagi menjadi 25 ruang tahanan. Ruanganya kecil-kecil, setiap ruang-tahanan hanya ada jendela kecil yang bersel, gelap karena sejak awal tidak disertai intalasi listrik sama sekali.

Dulunya para narapidana di dalamnya bukan saja warga setempat, tapi juga buangan dari daerah lain. Makanya sekarang, di Bengkalis banyak ditemui kuburan raja-raja dari berbagai daerah, karena kemungkinan mereka merupakan tawanan lalu meninggal.

Tembok Luar Huis Van Behauring Obejk Wisata Sejarah Bengkalis
Melihat keadaan situs sejarah Huis Van Behauring sungguh menyedihkan, sebab tidak terawat serta tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat. Padahal, jika dipugar dan dipoles bangunan kono Belanda ini bisa menjadi Objek Wisata Andalan Bengkalis. Huis Van Behauring saat ini hanya dirawat oleh seorang ibu tua serta anak-anaknya yang-tinggal disana. Mereka adalah anak keturunan pegawai penjara ini setelah diambil alih dari Belanda.Sumber : pekanbaruriau.com
Kategori:Sejarah Budaya
  1. ulul
    13 Maret 2013 pukul 17:59

    dimana alamat nya tu ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: